SEGMENTING - TARGETING - POSITIONING (STP) DALAM PEMASARAN

SEGMENTING - TARGETING - POSITIONING (STP) DALAM PEMASARAN

oleh : Syafriyadi Hamdani 

 Inti di dalam pemasaran ialah terdapat tiga strategi yaitu segmentasi targeting dan positioning biasa disingkat dengan istilah STP.

nah di sini segmentasi adalah proses pembagian pasar secara keseluruhan suatu produk yang berupa barang maupun jasa yang pada umumnya bersifat heterogen dalam homogen dalam segala aspek. pemasaran berdasarkan segmentasi pasar tersebut. sedangkantargeting disini adalah pemilihan 1 ataupun lebih segmen di dalam pasar untuk dimasuki oleh sebuah pelaku usaha agar kinerja perusahaan tersebut semakin optimal fokus dan terarah kepada targetnya.di dalam penentuan target ini biasanya perusahaan menggunakan konsep prioritas variabilitas dan fleksibilitas. nah konsep-konsep di atas digunakan untuk menghadapi para pesaing ataupun persaingan di dalam dunia pasar. Untuk positioning ialah suatu proses di dalam strategi STP. yang mana positioning sendiri adalah sebagai tindakan merancang tawaran serta Citra perusahaan sehingga mampu menempatkan posisinya menjadi tempat posisi yang istimewa di mata para konsumennya. jadi menempatkan posisi yang pas yang sangat strategis maupun istimewa di mata para konsumen.


Konsep nilai pelanggan

Konsep ini adalah sebuah konsep untuk menilai pelanggan alias customer value. customer value ialah persepsi pelanggan terhadap keuntungan yang mereka dapatkan daripada produk yang mereka beli dan dan pengorbanan mereka untuk mengkonsumsi produk tersebut serta di dalam tabel tersebut diartikan bahwa bisa juga diartikan sebagai Perceived value.

Manfaat dari customer value antara lain :

-menumbuhkan pangsa pasar

-menciptakan kesetiaan dan retensi pelanggan

-membentuk ekuitas pelanggan

-membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat.


--> Perdagangan terdapat beberapa jenis yaitu pasar grosir, pengecer, dan eksportir.

a. Perdagangan grosir, iyalah pedagang yang membeli ataupun mendapatkan barang dagangannya dari distributor atau agen tunggal yang biasanya akan diberi daerah kekuasaan penjualan ataupun perdagangan tertentu yang lebih kecil dari daerah kekuasaan distributor. Perdagangan grosir di sini biasanya dengan jumlah yang sangat banyak bukan untuk jumlah eceran.

b. Perdagangan pengecer, iyalah pedagang yang menjual barang langsung kepada tangan konsumen akhir dengan jumlah yang satuan alias eceran. Biasanya perdagangan ini cenderung jumlahnya sedikit tidak banyak.

c. Perdagangan eksportir, iyalahyang ada di masing-masing negara tersebut.


--> Pelanggan lokal, nasional, dan internasional.

Nah disini terdapat beberapa jenis pelanggan berdasarkan STP tadi. Antara lain :

a. Pelanggan lokal, iyalah pelanggan yang berada di dekat wilayah dari pemasaran produk tersebut yang lokasinya tidak jauh dari lokasi dia membeli produk dari sebuah usaha ataupun sebuah perusahaan.

b. Pelanggan Nasional, yaitu pelanggan yang berada pada negara tersebut didalam ruang lingkup negara tersebut seperti kita negara Indonesia pelanggan nasionalnya adalah pribumi masyarakat Indonesia sendiri.

c. Pelanggan internasional, yaitu pelanggan yang berada negara atau bisa disebut ekspor dan impor.


Editor : 

Syafriyadi Hamdani (180321100072)

Kelas A, Manajemen Pemasaran, Agribisnis, Universitas Trunojoyo Madura.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Lockdown [Konjoin-Jalur-Time Series] MKB2